Beranda Gorontalo Pohuwato Sumbu Kehidupan Gorontalo Dikunjungi Presiden Jokowi

Pohuwato Sumbu Kehidupan Gorontalo Dikunjungi Presiden Jokowi

55

MediaCerdasBangsa.Com (Gorontalo) – Kedatangan Presiden Jokowi di Kabupaten Pohuwato dalam rangka mengresmikan pembangkit listrik berkafasitas 100 Megawatt—PLTG Paguat, menjadi tanda bahwa daerah itu akan lebih maju. Kabupaten termuda ini dibentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2003, yang ditandatangani Presiden Megawati Soekarno Putri. Pohuwato yang berbatasan dengan Provinsi Sulawesi Tengah adalah sumbu kehidupan bagi Provinsi Gorontalo.

Tim Ahli Penyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kab Pohuwato periode 2016-2021, Funco Tanipu mengatakan, Pohuwato adalah jazirah emas Gorontalo. Kabupaten yang dipimpin oleh Bupati Syarif Mbuingan ini kata Funco, menjadi sumbu kehidupan bagi Gorontalo. Selain itu, Pohuwato termasuk menyumbang sebagian besar pangan—kebutuhan hidup warga Gorontalo. Tanpa Pohuwato, Gorontalo pasti terseok-seok.

“Dalam nalar saya, Pohuwato akan menjadi daerah yang menjadi penyokong sekaligus patok Gorontalo. Lumbung pangan, sumber daya alam, modal sosial kuat, modal manusia sedang berlomba maju, dan geografi yang strategis menjadi alasan kuat bahwa Pohuwato akan menjadi bintang Tomini,” papar Ketua Pusat Studi Kajian dan anti Korupsi UNG ini kepada MediaCerdasBangsa.Com

Dosen Sosiologi Universitas Negeri Gorontalo (UNG) ini menambahkan, Sebuah kabupaten bisa maju, mesti diiringi keyakinan, keteguhan, dan usah keras. Modal yang melimpah mesti diimbangi dengan niat kuat. “Kita doakan Pohuwato akan menjadi bintang Gorontalo, Tomini dan juga Indonesia,” tandas Funco Tanipu. (MCB/02)