Beranda Bali PRAMUKA SMK FARMASI SARASWATI 3 DENPASAR, BERBAGI ILMU PRAMUKA KEPADA PRAMUKA PENGGALANG

PRAMUKA SMK FARMASI SARASWATI 3 DENPASAR, BERBAGI ILMU PRAMUKA KEPADA PRAMUKA PENGGALANG

4

MCB.Com (Denpasar) – Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (KAMABIGUS) Gudep 04.01-04.02, Dewa Gede Sukmantara mengakui pendidikan kepramukaan terbukti memiliki peran yang sangat besar dalam membentuk watak kepribadian dan akhlak mulia.

Selain itu, Gerakan kepanduan khususnya melalui kegiatan dan pembinaan yang dilakukan Gerakan Pramuka di SMK Farmasi Saraswati 3 Denpasar mampu meningkatkan keterampilan hidup kaum muda serta memiliki dampak yang positif untuk kemajuan bangsa ke depannya.

Hal tersebut dikemukakan Dewa Gede Sukmantara dalam sambutan Pelepasan adik-adik Pramuka SMK Farmasi Saraswati 3 Denpasar berbagi Ilmu pramuka pada, Selasa (10/9).

Dalam jangka pendek dampaknya dapat mencegah dan mengatasi berbagai masalah dan tantangan kaum muda. “Sedangkan dalam jangka panjang akan membentuk watak, kepribadian dan akhlak mulia kaum muda menjadi calon pemimpin bangsa,” jelasnya.

Gerakan Pramuka mempunyai peran besar dalam  pembentukan kepribadian generasi muda, sehingga memiliki pengendalian diri serta kecakapan hidup untuk menghadapi tantangan sesuai tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional dan global. Paparnya.

Secara teknis Pembina Pramuka SMK Farmasi Saraswati 3 Denpasar, Rudianto menjelaskan Pramuka SMK Farmasi akan mengunjungi adik-adik Pramuka yang berpangkalan di SMP di wilayah Serbagita, mereka akan berbagi ilmu pramuka yang telah dimilikinya serta sebagai agenda studi praktek membina yang diharapkan dapat mepererat silaturahmi, sekaligus berbagi dan bertukar pengalaman dan ilmu antar anggota pramuka.

Acara Pramuka SMK Farmasi Saraswati Berbagi Ilmu Pramuka  ini diharapkan dapat menjalin silatirahmi, memperkokoh dan meningkatkan kualitas Gerakan Pramuka  Gudep 04.01-04.02 Ambalan Pattimura Martha Christina Tiahahu.

“Kegiatan ini sebagai wadah untuk silaturahmi antar keluarga besar Gerakan Pramuka yakni Gerakan Pramuka SMK Farmasi Saraswati 3 Denpasar dengan Sekolah SMP. Ini menjadi sarana kami untuk bertukar pengetahuan, wawasan dan pengalaman tentang kepramukaan. Dengan begitu menjadi salah satu usaha kami untuk meingkatkan kualitas Gerakan Pramuka SMK Farmasi Saraswati 3,” terangnya.

Dijelaskan, kegiatan diikuti 90 peserta kelas 12 dan diisi berbagai pengetahuan seputar administrasi, program kerja, teknis kegiatan, lagu-lagu pramuka selama dua bulan Semoga ilmu yang dishare ini bisa diserap oleh adik-adik penggalang dan bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pramuka,” tandasnya.

Karenanya,  usaha-usaha untuk mencapai tujuan Gerakan Pramuka diarahkan pada pendidikan dan pembinaan mental, moral, fisik, pengetahuan,  keterampilan dan pengalaman melalui kegiatan praktek secara praktis menggunakan prinsip dasar dan metode kepramukaan serta sistem among.

Seorang Pramuka penegak yang membantu membina Pramuka Penggalang, dapat membaktikan diri dan berbagi ilmu serta pengalamannya kepada adik-adik penggalang, “dengan adanya kegiatan Pramuka SMK Farmasi Berbagi ilmu ini , dapat memberikan dorongan semangat, mental, moral dan dapat mengajarkan arti disiplin, menepati janji serta kejujuran yang ditanamkan kepada pasukan penggalang, yang tujuan utamanya adalah membentuk karakter diri yang baik melalui kegiatan kepramukaan” Tutup  Rudianto.(IMO-Indonesia)