Program TMMD Ke-102: MCB.Com Juara II Lomba Karya Jurnalistik

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa Agustus 8, 2018 19:30

Program TMMD Ke-102: MCB.Com Juara II Lomba Karya Jurnalistik

MCB.Com (Gorontalo) – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-102 Wilayah Kodim 1304/Gorontalo menggelar Lomba Karya Jurnalistik. MediaCerdasBangsa.Com atau sering disebut MCB.Com dinobatkan sebagai Juara II. Sedangkan Juara I diperoleh iNewstv dan Juara III Harian Radar Gorontalo.

Pengumuman kejuaraan tersebut disampaikan pada Upacara Penutupan Kegiatan TMMD ke-102 di Lapangan Olahraga Kecamatan Wonosari, Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo, Rabu (8/8/2018). Masing-masing media yang ditetapkan sebagai pemenang mendapat Piala Tetap dan Piagam Penghargaan serta bonus berupa uang  kompensasi.

Piala Tetap dan Piagam Penghargaan serta bonus uang kompensasi diserahkan langsung oleh Panglima Kodam (Pangdam) XIII/Merdeka, Mayor Jenderal TNI Tiopan Aritonang kepada Pimpinan Redaksi MCB.Com, Meidy Runtunuwu.

Gubernur Gorontalo—Rusli Habibie, Danrem 131/Santiago—Brigjen TNI Joseph Robert Giri, Danrem 133/Nani Wartabone—Kolonel Czi Arnold AP Ritiauw, Komandan Kodim 1304/Gorontalo–Letkol Inf. Allan Surya Lesmana dan Bupati Kabupaten Boalemo—Darwis Moridu, ikut pula mendampingi Pangdam XIII/Merdeka yang bernama lengkap Arios Tiopan Aritonang.

Wartawan TVRI Gorontalo, Ferdy Sanggor (kiri), Danrem 131/Santiago, Brigjen TNI Joseph Robert Giri (tengah), Pimpinan Redaksi MCB.Com, Meidy Runtunuwu (kanan). (Foto:Tim)

Penilaian berlangsung sejak dibukanya Program TMMD ke-102 di Desa Pangea dan Desa Sari Tani, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Boalemo,Provinsi Gorontalo. Kegiatan Program TMMD ke-102 berlangsung sejak tanggal 10 Juli 2018 sampai dengan tanggal 8 Agustus 2018.

Penentuan pemenang berdasarkan jumlah berita, mutu pemberitaan dan intensitas pemberitaan yang update setiap hari. Lomba karya jurnalistik tersebut diikuti oleh sejumlah media, baik media elektronik, media cetak dan media online seluruh Indonesia.

Pimpinan Redaksi MCB.Com, Meidy Runtunuwu mengaku, pihaknya baru kali pertama ini mengikuti lomba karya jurnalistik. Ia tak mengira jika media online-nya yang baru berumur tiga tahun berjalan, telah memperoleh juara terbaik II.

“Ini adalah penghargaan yang sangat luar biasa yang diberikan oleh TNI kepada kami. Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Letkol Allan Surya Lesmana—Komandan Kodim 1304/Gorontalo atas penghargaan yang diberikan kepada media kami,” ungkapnya.

Pimpinan Redaksi, Meidy Runtunuwu bersama Tim Wartawan MCB.Com. (Foto: Tim).  

Disamping itu kata Meidy, kejuaraan tersebut diperoleh berkat kerja sama yang baik antara para wartawan di lapangan dan para redaktur yang hingga pagi dini hari konsisten mengolah berita. “Disadari atau tidak, keberhasilan hanya bisa diperoleh jika kita konsisten menjalankan tugas dengan baik dan ikhlas. Itu saja yang paling penting,” ujarnya.

Lantas, apa yang menurut anda karya jurnalistik yang dilansir MCB.Com yang sangat menarik? Kata Meidy, berita yang posting di MCB.Com, semuanya menarik, sebab diulas dengan gaya dan ciri khas yang mungkin tidak dimiliki oleh media lain.

Meidy mengaku, dari semua berita yang dimuat MCB.Com, ada sebuah karya jurnaslistik yang memang memiliki nilai tersendiri. Ulasannya dibuat dalam bentuk feature—tulisan non fiksi dengan karakter human interst yang diberi judul, “Indahnya Wajah Desaku Disulap Satgas TMMD 102”.

Jenis tulisannya sangat menghibur dan tidak basi—bisa dibaca kapan saja. Tidak seperti straight news yang selalu diburu oleh wartawan. Tulisan feature berbicara apa saja yang tidak harus mengikuti rumus 5W+1H dengan gaya bertutur, sehingga penulisannya melukiskan profil atau peristiwa tertentu.*****

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa Agustus 8, 2018 19:30
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment

Only registered users can comment.