Sekretaris DPRD Kota Bekasi: Sistem Pembayaran Perjalanan Dinas Di Dewan Kota Dinilai Baik

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa Oktober 5, 2017 22:01

Sekretaris DPRD Kota Bekasi: Sistem Pembayaran Perjalanan Dinas Di Dewan Kota Dinilai Baik

MCB.COM (Kota Gorontalo) – Sekretariat DPRD Kota Gorontalo menerima kunjungan kerja Sekretariat DPRD Kota Bekasi. Berhubung Sekretaris Dewan masih berada di luar daerah, maka yang menerima langsung adalah Kepala Bagian Keuangan, Zamronie.

Kunjunagn  Sekretaris Dewan Kota Bekasi diterima di Aula II Kantor Dewan, Kamis  (5/10). Ada beberapa hal yang menjadi bahan perbandingan, dikoordinasikan, dan dikonsultasikan bersama Sekretariat DPRD Kota Gorontalo yang nantinya bakal diterapkan di daerah yang dikenal dengan sebutan Kota Patriot tersebut.

Sekretariat DPRD Kota Gorontalo bersama Sekretariat DPRD Kota Bekasi.

Kepala Bagian Keuangan, Zamronie kepada MCB.Com menjelaskan, hal yang dianggap penting untuk diterapkan oleh Sekretariat Dewan Kota Bekasi perihal Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (Lakip). Sekwan Kota Bekasi menganggap bahwa Lakip merupakan kinerja dewan dan sekretariat dewan. Padahal kata Zamronie, harus dipisahkan antara kinerja DPRD dan sekretariat.

Pada pertemuan tersebut Zamronie menerangkan tentang sistem pembayaran perjalanan dinas anggota dewan. Anggaran untuk perjalanan dinas menggunakan sistem panjar. Artinya, anggaran untuk perjalanan dinas tidak diserahkan semuanya. Maksimal yang diberikan berkisar 70 persen.

Sedangkan sistem anggaran perjalanan dinas di Kota Bekasi tidak menggunakan sistem panjar. Seluruh anggaran diserahkan semuanya. Akibatnya, kadang anggaran lainnya harus dikembalikan karena tidak sesuai dengan alokasi anggaran yang telah dijadwalkan.

“Nah, proses pengembalian ini yang sering kesulitan.  Kalau kita kan sistem panjar, jadi tidak semua langsung diserahkan, maksimalnya 70 persen dulu, sehingga jika tidak sesuai denga rencana perjalanan, kita masih dalam posisi aman,” terang Zamronie.

Sementara itu Sekretaris DPRD Kota Bekasi, Ridwan menjelaskan, kunjungan mereka ke DPRD Kota Gorontalo dalam rangka pengelolaan sistem keuangan. Pengaturan sistem keuangan terkait perjalanan dinas, di DPRD Kota Gorontalo diniali baik.

“Mudah-mudahan apa yang kami dapatkan di sini akan menambah referensi untuk kepentingan pengelolaan keuangan di Kota Bekasi. Kota Gorontalo merupakan salah satu daerah yang kami kunjungi untuk dijadikan referensi,” terangnya.

 Ia juga berharap, hubungan kerja sama yang baik antara Sekretariat DPRD Kota Bekasi dan Sekretariat DPRD Kota Gorontalo akan semakin baik. “Dan kami sangat menunggu kunjungan balik Sekretariat DPRD Kota Gorontalo ke Kota Bekasi,” tandasnya.* (01/02/16)

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa Oktober 5, 2017 22:01
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment

Only registered users can comment.