TNI Berbaur Dengan Rakyat Melalui TNI Manunggal Membangun Desa

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa Juli 10, 2018 00:39

TNI Berbaur Dengan Rakyat Melalui TNI Manunggal Membangun Desa

MCB.Com (Gorontalo) – Tak dapat dipungkiri bahwa TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan program yang sangat membahagiakan bagi masyarakat di pedesaan. Boleh dikata, masyarakat bagai kedatangan ‘dewa’ penolong. Betapa tidak, TNI kembali berbaur dengan rakyat dalam membangun desa.

Kini TNI tersebut mulai turun di desa terpencil, salah satunya di Desa Pangea, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo. TNI melalui  Program TMMD melakukan berbagai kegiatan sosial, berupa pemberian bantuan ke Masjid Al-Ikhlas dan Al-Rahman berupa keramik dan bahan bangunan lainnya.

Pasiter Kodim 1304 Gorontalo, Kapten CJI Hasan Ibrahim mengatakan, Program TMMD bukan hanya memberikan bantuaan bahan bangunan ke Masjid, namun beberapa kegiatan juga dilaksanakan, sepeti penimbunan dan pemerataan halaman sekolah di SDN 23 di Desa Pangea.

Bukan hanya itu, program TMMD tersebut juga melakukan pembuatan jamban keluarga, sebanyak 30 unit. Tentu hal ini sangat membantu masyarakat Desa Pangea yang kini termasuk salah satu desa terpencil di Kabupaten Boalemo.

Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Desa Pangea (Foto: Wances)

Sungguh berbahagia masyarakat Desa Pangea atas kehadiran TNI. Program TNI Manunggal Membangu Desa mampu mengembalikan semangat gotong royong masyarakat yang lambat laun mulai pupus.

Tak hanya itu, menurut Hasan Ibrahim, pelaksanaan pasar murahpun sedang dipersiapkan di beberapa titik. Demikian juga dengan pelayanan kesehatan dan pelayanan Keluarga Berencana (KB) sedang dipersiapkan. “Kami telah melakukan monitoring terkait persiapannya,” terang Hasan Ibrahim.

Bahkan yang sangat menggembirakan lagi bagi masyarakat Desa Pangea, TNI melalui Program TMMD ini akan melaksanakan pekerjaan jalan yang direncanakan sepanjang 5 KM. Ucapan terima kasih dan rasa syukurpun datang dari masyarakat.

“Saya yakin, program TMMD ini adalah program yang dilaksanakan oleh TNI secara tulus dan ikhlas demi mendorong semangat masyarakat membangun desa. TNI sangat menyadari, mereka terlahir dari rakyat dan kembali untuk rakyat,” ujar salah satu pengurus LSM Rakyat Membangun, Rasyid Gionte.

Program TMMD akan dibuka langsung oleh Pangdam XIII/Merdeka pada hari Selasa, (10/7/2018. “Kegiatan bakti sosial ini adalah salah satu program dari TNI di wilayah Kodim 1304 yang merupakan kegiatan menyentuh masyarakat,” tandasnya.(01/02)

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa Juli 10, 2018 00:39
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment

Only registered users can comment.