Tokoh Budaya: Busana Gorontalo Perlu Diperdakan

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa Februari 9, 2018 22:33

Tokoh Budaya: Busana Gorontalo Perlu Diperdakan

MCB.Com (Gorontalo) – Budaya adalah suatu warisan dari leluhur yang tidak ternilai harganya. Gorontalo salah satu daerah di tanah air yang memiliki budaya adat tradisional yang cukup menarik. Salah satunya busana adat Gorontalo yang  sangat banyak dan beraneka ragam.

Salah seorang tokoh budaya Gorontalo, khususnya terkait dengan busana adat tradisional Gorontalo, Idun Sahi mengatakan, selain beraneka ragam, busana adat Gorontalo  dikenal sangat unik.

Selain itu, busana  tradisional  merupakan identitas daerah  yang harus dilestarikan agar kebudayaan  Gorontalo  tidak hilang dan bisa menjadi warisan anak cucu dikemudian hari.

Menurut Idun Sahi,  hal ini menjadi tanggungjawab para generasi muda dan juga perlu dukungan dari berbagai pihak, termasuk anggota DPRD, agar busana Gorontalo bisa diperdakan.

“Karena sekarang sudah ada adat-adat modern yang sudah masuk ke Gorontalo. Jadi adat Gorontalo itu sudah cenderung ke modern. Mereka sudah lupa bagaimana cara penggunaannya warna yang digunakan seperti apa,” ujar Idun Sahi.

Idun Sahi menambahkan,  tantangan bagi seluruh rakyat didaerah ini  untuk mempertahankan budaya lokal agar tidak hilang ataupun dicuri oleh bangsa lain. Sudah banyak kasus bahwa budaya ditanah air  banyak yang dicuri karena ketidakpedulian para generasi penerus.

Hal ini merupakan pelajaran berharga, karena kebudayaan Bangsa Indonesia adalah harta yang mempunyai nilai yang cukup tinggi di mata masyarakat dunia.* (01/03)

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa Februari 9, 2018 22:33
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment

Only registered users can comment.