Walikota Marten Taha: Tidak boleh Lakukan Perpeloncoan Terhadap Siswa Baru

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa Juli 18, 2017 22:40

Walikota Marten Taha: Tidak boleh Lakukan Perpeloncoan Terhadap Siswa Baru

MCB.Com (Kota Gorontalo) – Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) penting bagi peserta didik untuk mengenal lingkungan sekolah yang baru. Lingkungan sekolah yang baru tentu berbeda dengan lingkungan sebelumnya, baik dari sisi pakaian, guru-guru pengajar, mata pelajaran, dan sistem pengajaran.

Demikian disampaikan Walikota Gorontalo Marten Taha ketika bertindak sebagai inspektur upacara di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo, Senin, (17/7). Dikatakan, dalam pengenalan awal lingkungan sekolah harus benar-benar menyangkut hal ikhwal proses belajar mengajar di sekolah.

“Jangan keluar dari rel. Tidak boleh ada hal-hal yang berbau perpeloncoan. Tidak boleh ada hal-hal yang berbau kekerasan. Tidak boleh menugaskan siswa-siswi dengan hal-hal yang tidak mendidik dan tidak bernmanfaat. Itu dihindari,” tegas Marten.

Marten mengingatkan,  jika ada sekolah-sekolah yang melakukan tindakan membebani siswa dalam bentuk kekerasan dan praktek perpeloncoan, akan diberi sanksi.  Oleh karena itu walikota berpesan kepada para pengawas dan dinas, harus mengawasi masa PLS ini di luar ketentuan PLS yang diatur dalam Permendikbud Nomor 18 tahun 2016.

“Berikan pemahaman kepada siswa. Berikan pelajaran yang bermanfaat. Berikan pengetahuan dan keterampilan yang menjadi bekal dalam menuntut ilmu selama 3 tahun ke depan tentang bagaiamana proses belajar mengajar,” urai Marten .

Walikota berpesan, agar anak didik turut dilibatkan dalam membesarkan sekolah, termasuk hal-hal kecil hingga yang menyangkut strategi pengembangan sekolah ke depan. Seluruh jajaran pendidikan agar benar-benar melaksanakan kegiatan PLS dengan baik, serta dapat mewujudkan suasana harmonis diantara semua warga sekolah bersama seluruh peserta didik.

“Tidak boleh melakukan tindakan-tindakan yang justru akan menurunkan moril siswa. Berikanlah hal yang menumbuhkan kesan dan semangat bagi siswa baru untuk rajin bersekolah,” ungkapnya.

Untuk para orang tua, walikota minta, kiranya anak-anak terus dibimbing agar mereka tumbuh menjadi anak-anak lebih baik di masa yang akan datang. Kerjasama dan sinergi antara orang tua, komite, dan pihak sekolah menjadi hal yang sangat penting dan dibutuhkan dalam mengawal kelangsungan pendidikan bagi anak didik.

“Kepada para siswa-siswi saya berpesan, kiranya terus belajar dan belajar dengan baik. Pelajari dan kuasai ilmu pengetahun dengan penuh semangat, agar dapat meraih masa depan yang gemilang sehingga berguna bagi masyarakat, bangsa, negara dan agama,” tandasnya.* (01/02-Humas)

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa Juli 18, 2017 22:40
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment

Only registered users can comment.