Anggaran Pembangunan Kota Gorontalo Tahun 2018 Mengacu Pada Program Unggulan

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa Juli 8, 2017 01:41

Anggaran Pembangunan Kota Gorontalo Tahun 2018 Mengacu Pada Program Unggulan

MCB.Com (Kota Gorontalo) – Kebijakan Umum Anggaran (KUA) Tahun 2018 Kota Gorontalo merupakan dokumen penting.  Dokumen perencanaan  anggaran yang digunakan sebagai dasar penyusunan Prioritas dan Platfon Anggaran Sementara (PPAS) APBD tahun 2018.

Walikota Gorontalo Marten Taha mengatakan, Kebijakan Umum anggaran dan Prioritas Platfon Anggaran Sementara  (KUA-PPAS) merupakan acuan dalam penyusunan rancangan anggaran pendapatan daerah tahun anggaran 2018.

“KUA dan PPAS APBD ini disusun dan mengacu kepada rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kota Gorontalo tahun 2014-2019, dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Gorontalo tahun 2018,” ungkapnya.

Menurut Marten, RKPD Tahun 2018 merupakan penjabaran  Tahun Ke IV dari RPJMD Kota Gorontalo Tahun 2014-2019 yang sekaligus tahapan pemantapan program prioritas.  Pada tahun ini, prioritas pembangunan Kota Gorontalo tahun anggaran 2018,  tetap mengacu kepada program unggulan prioritas, yang pada masing-masing program dilakukan focus penajaman yang meliputi;

  1. Pengembangan dan pemantapan program Gratis dari lahir sampai mati.
  2. Pemantapan dan pengembangan program kawasan ekonomi kecamatan yang difokuskan kepada :
  3. Peningkatan kualitas sarana dan prasarana pendukung kawasan.
  4. Penguatan daya saing UMKM.
  5.   Pengembangan dan pemantapan infrastuktur perkotaan yang di fokuskan kepada;

enataan dan peningkatan kualitas sarana dan prasarana perkotaan dan peningkatan               kualitas   sarana lingkungan permukiman melalui stimulus dan swadaya setiap kelurahan.

Pengembangan taman cerdas  sebagai ruang public untuk edukasi, rekreasi, dan untuk memperkuat solidaritas antar warga masyarakat kota gorontalo.

  1. Pengembangan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia; a. Kesehatan, difokuskan kepada peningkatan akses jaminan pelayanan kesehatan, peningkatan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan  dan budaya hidup bersih, serta peningkatan derajat melaui kerjasam dengan lembaga-lembaga penjamin kesehatan (BPJS JKN), b. Peningkatan dan pemantapan program pendidikan di fokuskan kepada; 1. Peningkatan kualitas dan kapasitas tenaga pendidik. 2. Peningkatan  mutu kualitas pembelajaran, dan peningkatan kualitas para lulusan pada semua jajaran sekolah.
  2. Peningkatan dan pemantapan kegiatan program keagamaan dan budaya, difokuskan kepada; a. peningkatan budaya dan aktifitas keagamaan di setiap wilayah kelurahan, b. peningkatan peran aktif aparatur kelurahan dalam penyelenggaraan aktifitas keagamaan dan budaya di daerahnya.
  3. Penataan, peningkatan dan pengembangan birokrasi difokuskan kepada; peningktan dan optimalisasi penyelenggaraan pemerintahan melalui peningkatan kualitas pelayanan public dan pengembangan e-govermant.

Dikatakan, keberhasilan pembangunan daerah  tercermin dari keterpaduan dan penggabungan dari beberapa dimensi kebijakan dari seluruh sector yang ada. Tujuan  pembangunan daerah harus menempatkan manusia sebagai sasaran akhir dan focus utama dari seluruh kegiatan pembanguan melalui pelayanan dalam berbagai sendi kehidupan, yaitu; kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan sebagainya.

“Pencapaian stabilitas perekonomian melalui indikator ekonomi makro, seperti pertumbuhan ekonomi, pada saatnya sangat mempengaruhi dalam berbagai faktor, yaitu faktor produksi, terutama sektor riil, kemudian moneter dan inflasi serta situasi dan kondisi umum pengaruh global,” tandasnya.* (01/02-Humas)

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa Juli 8, 2017 01:41
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment

Only registered users can comment.