Beranda NTB Aparat TNI Dan Polri Membersihkan Longsor Di Sembalun Lombok NTB

Aparat TNI Dan Polri Membersihkan Longsor Di Sembalun Lombok NTB

22

MCB.Com ( Mataram _NTB) Tingginya curah hujan akhir-akhir ini di sejumlah titik lokasi longsor di Kecamatan Sembalun Lombok NTB menjadi perhatian  aparat negara baik dari  Kepolisian  TNI dan tim siaga bencana Desa Sembalun Lawang Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat. Dari perhatian pihak aparat yang ada terdapat 2 titik rawan longsor berada di Pusuk Sembalun dan 2 titik lainnya di lereng rinjani/ yang langsung memiliki saluran sungai ke tengah pemukiman warga Sembalun.

Minimnya tanda peringatan dan himbauan yang terpasang di titik titik rawan tersebut menambah kekhawatiran masyarakat  khususnya para pengunjung.Pada banjir dan longsor susulan 2 hari berturut turut beberapa waktu lalu  tidak sampai di pemukiman . Namun banyaknya bahan material longsor yang menutupi jalan penghubung Sembalun-Suela mengakibatkan, masyarakat dari arah Sembalun  dan sebaiknya terjebak hingga 5 jam lebih.

Sementara alat berat yang didatangkan, terlambat karena kondisi jalan yang licin mengakibatkan mobil pengangkut alat berat tidak sampai ke titik longsor.Untuk lancrnya arus transportasi ini maka  masyarakat bersama TNI dan Polri melakukan pembersihan secara bergotong royong  agar jalan bisa di lalui.

Hujan yang terus menerus mengguyur sembalun, semakin menambah itensitas air sungai, hingga melalui jalan raya.Alat berat terus berupaya membersihkan bebatuan yang terbawa longsor, yang menutupi jalan. Terjangan Air yang bercampur longsor dan bebatuan semakin mempersulit tim siaga bencana untuk melakukan penanggulangan.(02-mcb)