Dengan KTP Elektronik, Mencegah Pemalsuan Identitas

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa Oktober 7, 2017 13:46

Dengan KTP Elektronik, Mencegah Pemalsuan Identitas

MCB.Com (Gorontalo) – Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau E-KPT mempunyai banyak keunggulan dibanding KTP biasa. Salah satunya, dapat mencegah kemungkinan terjadinya pemalsuan identitas.  Jika seseorang memalsukan KTP, bisa dideteksi melalui data base kependudukan.

KTP Elektronik yang dimiliki setiap orang,  dapat ditelusuri keasliannya dengan  menggunakan alat khusus. Bahkan  dengan sistem KTP  Elektronik,  sidik jari pelaku kejahatan bisa dideteksi dengan mudah.

Contohnya, seseorang yang masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO), biasanya mereka menggunakan KTP palsu dan bisa lolos ketika dilakukan pemeriksaan oleh aparat terkait. Namun dengan E-KTP sangat mudah mencarinya.

Sayangnya, alat khusus ini belum digunakan secara massal untuk setiap kantor yang menyelenggarakan layanan publik. Saat ini,  alat  deteksi jenis  baru tersebut hanya dapat ditemukan di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Pemerintah daerah kabupaten/kota se-Provinsi Gorontalo terus memacu penyelesaian perekaman data KTP Elektronik. Untuk Kota Gorontalo,  perampungan perekaman data E-KTP ditargetkan selesai paling lambat Desember 2017.* (01/02/03)

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa Oktober 7, 2017 13:46
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment

Only registered users can comment.