Hutan Mangrove Jadi Tempat Wisata Alam

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa April 28, 2016 13:56

Hutan Mangrove Jadi Tempat Wisata Alam

MediaCerdasBangsa.Com– (JATIM)—Surabaya KOTA Surabaya bangga memiliki hutan mangrove wonorejo karena sebagai kota besar di indonesia surabaya tetap memperhatikan pelestarian lingkungan. Dengan adanya hutan mangrove tersebut kota surabaya juga ikut terselamatkan dari bahaya erosi dan banjir terutama di bulan-bulan pasang pantai kawasan hutan mangrove ini kerap dijadikan sebagai sarana wisata dan pendidikan untuk menjaga kelestarian alam dengan melakukan penanaman pohon api-api di sekitar sungai kawasan hutan mangrove.

Kini mangrove di area hutan seluas kurang lebih 200 hektar semakin rimbun dan menjadi tempat tinggal yang nyaman bagi 30 spesies binatang yang dilindungi, salah satunya adalah kera ekor panjang. hutan mangrove ini juga kerap dijadikan persinggahan sejumlah burung pantai disaat air surut untuk menuju ke lokasi hutan mangrove banyak titik yang harus dilalui titik pertama berada di pintu masuk dilengkapi dengan pendopo yang bisa anda gunakan untuk berisitirahat. kawasan hutan masih belum terlihat sehingga harus berjalan ke dermaga, tempat perahu – perahu yang membawa anda ke kawasan hutan.

Jangan lupa untuk berkunjung ke hutan magrove harus membawa bekal makanan dan minuman karena di sekitar hutan tidak ada penjual makanan ataupun minuman. untuk masuk ke kawasan wisata mangrove wonorejo anda akan dikenai tiket masuk sebesar 25 ribu rupiah untuk orang dewasa dan 15 ribu rupiah untuk anak-anak. harga tiket ini sudah termasuk ongkos kapal dan perahu yang mengantar anda menuju ke hutan. sejumlah perahu telah disiapkan, mulai dari yang berkapasitas 50 hingga 60 orang serta ada yang dapat memuat 35 sampai 40 orang.

Disepanjang perjalanan menyusuri sungai dengan aliran air yang tenang, anda akan ditemani sejumlah hewan liar sayangnya pemandangan hutan yang indah harus dicemari dengan adanya sampah yang hanyut ke sungai. Jadi jika anda mengunjungi tempat wisata ini jangan mengotori sungai di sekitar mangrove karena bagaimanapun keberadaan sampah-sampah ini cukup mengganggu kehidupan mangrove dan penghuninya. Setelah perjalanan selama kurang lebih 20 menit, anda pun sampai di Kawasan hutan mangrove dan untuk menyusuri kawasan hutan, telah disiapkan lintasan yang terbuat dari anyaman bambu di ujung lintasan, anda akan menjumpai tiga gazebo anda bisa beristirahat di gazebo sembari menikmati ketenangan suasana hutan mangrove yang indah. jika anda membawa bekal anda bisa berpiknik di sini bersama keluarga waktu yang diberikan oleh pihak pengelola ekowisata mangrove wonorejo ir. Djoko Suwondo sejak keberangkatan dari dermaga adalah satu setengah jam. jadi pastikan anda tidak tertinggal kapal kembali ke dermaga. namun biasanya, jika ada ada penumpangnya yang tertinggal pengemudi perahu akan dan segera mencari jika hal tersebut terjadi. (JO)

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa April 28, 2016 13:56
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment

Only registered users can comment.