Kampanye #MariBerbuatBaik Be The Light ‘Menodong’ Masyarakat Gorontalo

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa Mei 30, 2016 19:26

Kampanye #MariBerbuatBaik Be The Light ‘Menodong’ Masyarakat Gorontalo

MediaCerdasBangsa.Com (Gorontalo) – Maraknya kriminalitas di tengah kehidupan kota yang hiruk pikuk, tiap orang sibuk dengan aktivitasnya masing-masing, sosok asing yang tidak bisa sembarang dipercaya, merupakan tiga hal yang mungkin menjadi alasan untuk tidak sembarangan menerima bahkan memberi bantuan kepada orang lain.

Berbuat baik pada orang lain apalagi yang tidak kita kenal, mungkin agak sedikit sulit untuk dilakukan, ditambah lagi kita terlalu sibuk dengan kegiatan kita sehingga untuk peduli sama orang lain seakan tidak punya waktu.

Lewat gerakan BE THE LIGHT sebuah komunitas mengkampanyekan #MARIBERBUATBAIK. Menantang orang yang mereka jumpai untuk berbuat baik kepada orang lain, melalui tindakan kecil yang sederhana namun berdampak.

Minggu, 30 Mei 2016 pukul 7 malam Komunitas IFGF ini mulai bergerak dari basecamp mereka, turun ke tempat – tempat keramaian, di seputaran kota Gorontalo untuk melakukan aksi kampanye berbuat baik ini. Mereka menantang beberapa orang untuk melakukan perbuatan baik kepada orang lain yang tidak mereka kenal, setelah orang tersebut mampu melakukan perbuatan baik itu mereka kemudian mengenakan gelang bertuliskan Be the Light sebagai bentuk apresiasi atas perbuatan baik yang telah dilakukan. Mereka juga memberi dorongan kepada orang-orang tersebut untuk menceritakan dan memotivasi perbuatan baik kepada keluarga dan sahabat, agar kampanye perbuatan baik ini bisa menular kepada banyak orang, bahwa perbuatan baik yang sederhana akan membawa impact yang luar biasa disaat semua orang menyadari akan pentingnya peduli, akan pentingnya perbuatan sekecil apapun yang dilakukan dengan ikhlas untuk membantu orang lain.

Beberapa sosok yang mereka tantang yaitu pengamen, anak kecil di jalanan, penjual asongan, tukang bentor, tukang odong2, tukang parkir, dll.

13241321_10204630653846079_3604086344252650088_n

Salah satu target yaitu tukang odong2 yang mangkal di lapangan taruna remaja yang berhasil ditemu, mengaku merasa sangat senang setelah melakukan perbuatan baik yang ‘ditodongkan’ kepadanya. adapun tantangan yang diberikan oleh kumpulan ibu2 dari komunitas ini yaitu, mengijinkan kepada beberapa anak2 yang ada di sekitar situ, untuk bermain menaiki odong2nya secara gratis, bapak itu dengan senang hati menerima tantangan itu. Setelah selesai beberapa putaran, ibu2 tersebut ingin memberi imbalan, namun tidak diterimanya, karena hatinya ikhlas untuk memberi sedikit kebahagiaan kepada anak-anak disekitar situ. Merekapun memakaikan gelang Be the Light kepadanya, sebagai apresiasi atas perbuatan baiknya tersebut.

Ada juga bapak penjual gulali yang ditantang untuk membagikan gulali gratis kepada anak2, pengamen yang ditantang mengamen tanpa menerima bayaran, ada yang ditantang untuk membelikan makanan pada pengemis, dan masih banyak lagi tantangan untuk berbuat baik lainnya.

Kegiatan yang bukan merupakan kampanye politik ini tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa saja, tapi juga oleh anak muda bahkan anak kecil dari komunitas IFGF ini. Mereka berharap lewat gerakan ini, banyak perbuatan baik yang bisa tersebar dan masyarakat tidak sungkan untuk berbuat kebaikan sehingga perbuatan baik itu bisa menerangi sekitar, bisa membawa perubahan, bisa berdampak bagi banyak orang.(Q6/MCB01)

 

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa Mei 30, 2016 19:26
Write a comment

1 Comment

  1. berly.... Mei 31, 18:50

    teruslah berbuat baik

Only registered users can comment.