Beranda Gorontalo Masyarakat Dembe I Kembali Gelar Festival Apangi, 100 Ribu Apangi Disediakan Gratis

Masyarakat Dembe I Kembali Gelar Festival Apangi, 100 Ribu Apangi Disediakan Gratis

7

MCB.Com (Gorontalo) – Sejak tahun 2016, masyarakat Kelurahan Dembe I, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo menggelar Festival Apangi. Untuk kali ke-3, secara gotong royong masyarakat kembali menggelar Festival Apangi. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada hari Rabu, (19/9/2018) dengan menyediakan 100 ribu Kue Apangi.

Lurah Dembe I, Adriyun Katili menjelaskan, kegiatan Festival Apangi ini dilaksanakan setiap 10 Muharam atau biasa disebut Yaumu Asyura. Pada Hari Asyura tersebut, umat islam disunahkan melaksanakan ibadah puasa.   

“Nah, sebelumnya, menjadi kebiasaan masyarakat bahwa Kue Apangi hanya diantar kepada tetangga atau birman yang sedang menjalankan ibadah puasa. Kebiasaan itu kami dorong pada event yang lebih besar guna mendorong kembali sikap gotong royong masyarakat,” terang Adriyun.

Menurut Adriyun, Festival Apangi bertujuan untuk memupuk tali silaturrahim diantara sesama masyarakat—terutama keluarga sekitar. Dengan kegiatan ini, diharapkan dapat mempromosikan Kelurahan Dembe I menjadi kelurahan budaya.

“Kami berharap, masyarakat bias dating langsung menyaksikan Festival Apangi yang dilaksanakan oleh masyarakat Dembe I secara sukarela. Gratis—tidak bayar. Akan disediakan pula posko-posko di depan rumah warga,” terang Adriyun.

Dengan digelarnya Festival Apangi kata Adriyun, dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, terutama mendorong perekonomian warga Dembe I. Melalui event seperti ini, Kelurahan Dembe I bisa dikenal bukan saja di Gorontalo, tetapi sampai tingkat nasioanal maupun mancanegara.

Mantan Lurah Libuo ini meminta dukungan seluruh komponen masyarakat Gorontalo dalam mensukseskan Festival Apangi ini sekaligus mempromosikannya. “Silahkan datang di kelurahan kami. Datang di sore hari—menjelang buka puasa. Jika datang pada malam hari, jalan macet. Pasti banyak pengunjungnya,” tandasnya.(01/02)