Mengintip Aktifitas Wisatawan Lokal di Tangga 2000 Saat Senja

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa September 15, 2017 20:50

Mengintip Aktifitas Wisatawan Lokal di Tangga 2000 Saat Senja

MCB.Com  (Kota Gorontalo) – Saat itu senja mulai tiba, para wisatawan lokal mulai berdatangan dari berbagai pelosok, menikmati indahnya sanset diseputaran wisata tangga 2000 yang berada di Kelurahan Pohe, Kecamatan Hulontalangi, Kota Gorontalo.

Para pelaku usaha kaki lima satu persatupun mulai berdatangan dan menyiapkan berbagai macam menu dagangan mereka. Untuk mengambil minat para wisatawan, para pedagang ini menyajikan hidangan seperti milu bakar lengkap dengan sausnya.

Dengan modal 5 ribu rupiah saja, para wisatawan sudah bisa menikmati hidangan non beras tersebut. Tak hanya belasan, bahkan sampai puluhan wisatawan yang terdiri dari orang tua, anak muda, dan anak-anak turut serta memadati seputaran wisata—melihat panorama tangga 2000.

Tak heran jika setiap harinya banyak pengunjung  berdatang memadati sepanjang jalan tangga 2000, mengingat wisata ini sangat berdekatan dengan Tempat Pelelangan Ikan (TPI), SPBU, Pelabuhan Barang, dan Pelabuhan Feri, sehingganya wisata ini yang dibangu pada tahun 2000 memiliki daya tarik wisata tersendiri.

Disamping menikmati  indahnya panorama pada saat senja, para wisatawan juga bias memanjakan mata mereka dengan melihat kapal barang yang sedang terparkir rapi diseputaran Pelabuhan Gorontalo.

Lokasi tersebut selain menjadi tempat rekreasi juga merupakan lokasi tempat orang memancing ikan. Tak perlu harus mengeluarkan rupiah untuk menyewa perahu. Cukup hanya duduk didataran tangga, para pengunjung sudah bisa melepas hobi mereka.

Lokasi wisata tangga 2000 yang menelan anggaran besar, meski terlihat kusam masih, namun mengundang daya tarik dari para wisatawan lokal. Ini perlu ada perhatian serius dari pemerintah Kota Gorontalo untuk mengembangkan kembali wisata tangga 2000 tersebut.

Disayangkan lokasi ini mulai terlihat rusak dan tidak tertata sebagaimana mestinya. Apa lagi wacana pemerintah kota saat ini tengah direncanakan pembuatan jembatan gantung yang menghubungkan antara Pohe dan Talumulo.

Ini tentunya menjadi lebih menarik lagi, namun pertanyaannya? Apakah dengan melihat kondisi tangga 2000 saat ini akan menambah minat pengunjung?

Tentu harus ada peran dan proaktif terutama untuk menata kembali anak tangga yang sudah terbilang rapuh yang membahayakan keselamatan para pengungjung. Parahnya lagi dimana-mana masih terdapat sampah yang berserakah. Ini sangat merusak pemandangan dari lokasi itu sendiri.

“Ya benar, tangga 2000 ini sangat bagus dikunjungi. Selain pemandangan dan lokasinya strategis kita juga dapat meningkmati  berbagai macam menu yang disediakan oleh para pedagang, trus yang menjadi daya tarik kita dapat melihat berbagai macam kapal  di Pelabuan Barang,” ujar Santo salah seorang pengunjung tangga 2000.

Ditempat terpisah, kalimat yang sama jugadisampaikan oleh Mirna.  “Saya salah satu pengunjung dari Limboto sangat tertarik dengan lokasi tangga 2000, namun yang disayangkan masih kurang tertata bagus akibat sampah yang berserakah dimana-mana,” ujarnya sambil tersenyum.*(01/02/17)

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa September 15, 2017 20:50
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment

Only registered users can comment.