Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1438 H, Pemkot Gelar Adat “Tonggeyamo”

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa Mei 27, 2017 00:05

Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1438 H, Pemkot Gelar Adat “Tonggeyamo”

MCB.Com (Kota Gorontalo) – Dalam rangka menyambut menyambut bulan suci Ramadha 1438 H—2017, Pemerintah Kota Gorontalo menggelar adat “Tonggeyamo”. Hal ini berkaitan penetapan awal bulan puasa yang dilaksanakan di Rumah Dinas Walikota Gorontalo.

Selain Walikota Marten Taha, acara adat “Tonggeyamo” ini dihadiri Ketua DPRD Kota Gorontalo Fedriyanto Koniyo, Pemangku Adat dan pegawai Syara’, Ketua Tim Penggerak PKK, jajaran SKPD, para Asisten, Kepala-kepala bagian, para camat serta lurah se-Kota Gorontalo.

Gelar adat “Tonggeyamo” ini merupakan pemberitahuan resmi oleh pemerintah dan lembaga adat kepada umat muslim bahwa 1 Ramadhan jatuh pada hari Sabtu, 27 Mei 2017 sebagaimana hasil keputusan sidang isbat oleh Kementrian Agama Republik Indonesia.

Walikota Gorontalo Marten Taha dalam acara adat “Tonggeyamo”.

Kepala Bagian Administrasi Kesra Aziz Zakaria dalam laporannya mengatakan, tujuan dilaksanakan adat “Tonggeyamo” adalah untuk menantikan pengumuman Pemerintah RI melalui Kementerian Agama RI untuk memastikan jatuhnya 1 Ramadhan 1438 H.

Selain itu kata Aziz, kegiatan ini merupakan wadah silaturrahim antara jajaran Pemerintah Daerah Kota Gorontalo, Pegawai Syara’ dan Pemangku Adat dalam rangka memasuki bulan suci Ramadhan.

Walikota Marten Taha dalam sambutannya mengatakan, sebagai seorang muslim kedatangan Ramadhan disambut sambut penuh kegembiraan. Sebagai wujud dari rasa gembira itulah, Ramadhan tahun ini tidak boleh dilewatkan begitu saja tanpa aktivitas yang dapat meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT.

“Saya berharap agar kita sekalian seluruh umat muslim untuk menjalankan Ibadah Puasa dengan penuh Ikhlas dan mengharapkan Ridho Allah SWT. Mari Kita sambut bulan suci Ramadhan dengan ucapan, Marhaban Ya Ramadhan. Selamat datang bulan suci Ramadhan 1438 H,”tandasnya.* (01/Ferd)

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa Mei 27, 2017 00:05
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment

Only registered users can comment.