Beranda Gorontalo Misteri Dua Langkah Antarkan Syarif Mbuinga Calon Gubernur Gorontalo

Misteri Dua Langkah Antarkan Syarif Mbuinga Calon Gubernur Gorontalo

71

MCB.Com (Gorontalo) – Para aktifis Gorontalo dan kalangan masyarakat bawah, nama Syarif Mbuinga cukup terkenal. Lelaki kelahiran Gorontalo, 17 Juli 1973 tersebut dinilai ramah dan dekat dengan semua kalangan—tanpa pilih agama, ras, maupun suku.

Suami dari Jeanette Puspa Dewi Kilapong ini mudah bergaul. Senyum sapanya mengundang simpati. Tak heran, ia terpilih menjadi Bupati Kabupaten Pohuwato dua periode, yakni; 2010-2015 dan 2016-2020.

Syarif Mbuinga dianggap memiliki talenta politik yang mumpuni. Namun ia terpaksa harus mengakhiri masa jabatannya sebagai Bupati Kabupaten Pohuwato tahun 2020 karena amanat undang-undang.

Sejumlah masyarakat—termasuk para kader Partai Golkar lainnya berkeinginan agar Syarif dapat meneruskan kepemimpinan Rusli Habibie yang juga akan mengakhiri masa jabatannya sebagai gubernur tahun 2021.

Diharapkan, Syarif akan diusung oleh Partai Golkar sebagai calon gubernur tahun 2021. Tentunya, untuk mencapai ke-arah itu (calon gubernur), Syarif harus melewati Musyawarah Daerah (Musda) pemilihan Ketua DPD I Partai Golkar Provinsi Gorontalo.

Biasanya, kedudukan jabatan Ketua DPD I Partai Golkar adalah sebuah fatsun politik yang mengantarkan seseorang sebagai calon gubernur. Hanya saja, Rusli Habibie yang kini masih menduduki Ketua DPD I Partai Golkar Provinsi Gorontalo, bisa jadi akan terpilih kembali.

Hal ini dikuatkan dengan pernyataan Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Bone Bolango, Zainudin Pedro Bau, usai pertemuan tertutup 4 Ketua DPD II Partai Golkar di kediaman pribadi Syarif Mbuinga, Kamis malam (6/6/19) di Limboto.

Menurut Pedro, 4 DPD II Partai Golkar bersepakat;  menjaga stabilitas politik internal Partai Golkar dan mengawal kepemimpinan Rusli Habibie sebagai gubernur hingga akhir jabatannya. Pedro juga menegaskan, akan mendukung Rusli Habibie sebagai Ketua DPD I Partai Golkar untuk periode selanjutnya.

Lantas, bagaimana mengantarkan Syarif Mbuinga sebagai calon gubernur? Sumber MCB.Com yang patut dipercaya dan meminta namanya dirahasiakan menguraikan, pernyataan Pedro mencalonkan kembali Rusli Habibie sebagai Ketua DPD I Partai Golkar Provinsi Gorontalo, baru sebatas pernyataan politis.

Intinya kata dia, ada dua langkah yang akan mengantarkan Syarif Mbuinga sebagai calon Gubernur Gorontalo. Terang dia, dua langkah itu adalah; pertama, Musda DPD I Partai Golkar, dan kedua, deklarasi calon Ketua DPD I Partai Golkar Provinsi Gorontalo.

Diatanya, siapa yang akan dideklarasikan sebagai calon Ketua DPD I Partai Golkar dimaksud? Jawabnya, skenario dua langkah itu sangat dirahasiakan, sebab berkaitan dengan strategi politik. “Pokoknya masih misteri,” tandasnya. (01/02)