Pemda Kota Gorontalo Tata Kembali Benteng Otanaha

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa Juli 14, 2017 23:02

Pemda Kota Gorontalo Tata Kembali Benteng Otanaha

MCB.COM (Kota Gorontalo) – Benteng Otanaha  termasuk salah satu situs sejarah di Kota Gorontalo yang perlu dipertahankan dan ditata kembali, sehingga dapat menarik para wisatawan asing maupun dalam negeri. Disamping itu, dengan adanya tempat wisata tersebut, dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat Kota Gorontalo.

Benteng Otanaha yang dibangun pada tahun 1512-1525 Masehi yang teretak di atas bukit Dembe Satu  Kecamatan Kota Barat mendapatkan perhatian dari pemerintah Kota Gorontalo. Untuk tahun anggaran 2017, pemerintah menganggarkan  sebesar 2,6 Miliar penataan lokasi benteng yang dibangun oleh Raja Ilato tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kota Gorontalo Irwan Hamzah mengatakan, proyek yang bersumber dari DAK itu saat ini sementara  dikerjakan, yang meliputi: pembuatan tempat santai, pagar pembatas, toilet, penataran parkir, serta pembuatan lampu taman.

“Pada tahun 2016 kemarin, kami sudah menganggarkan sebesar 7 Miliar untuk perbaikan jalan lingkar menuju benteng,” ucapnya.

Irwan berharap, penataan benteng tersebut dapat menarik wisatawan datang ke Gorontalo, sehingga bisa meningkatkan dan melahirkan UKM, khususnya masyarakat di Kecamatan Kota Barat.

“Bukan saja karawo dan kopiah keranjang, tetapi juga bisa melahirkan kerajinan tangan khas Gorontalo lainya,” tandasnya.* (01/02-Bayu)

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa Juli 14, 2017 23:02
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment

Only registered users can comment.