Pemkot Gorontalo Batasi Alih Fungsi Lahan Untuk Pembangunan

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa Desember 14, 2017 22:30

Pemkot Gorontalo Batasi Alih Fungsi Lahan Untuk Pembangunan

MCB.Com (Kota Gorontalo) – Pemerintah Kota Gorontalo membatasi alih fungsi lahan untuk pembangunan, terutama bagi lahan yang masih produktif.

Dalam  beberapa tahun terakhir, alih fungsi lahan pertanian di wilayah Kota Gorontalo meningkat  signifikan. Hal ini mengakibatkan berkurangnya luas areal lahan pertanian.

Dari data pemerintah kota terungkap, lahan yang tersisa kini hanya berkisar  850 hektar, akibat  maraknya alih fungsi lahan untuk pembangunan.

Kondisi tersebut sudah dipikirkan oleh pemerintah kota sehingga beberapa langkah dilakukan. Diantaranya, pemkot selektif memberikan ijin terhadap pembangunan pada areal lahan pertanian yang masih produktif.

Adapun areal lahan yang masih produktif sudah dipetakan, yaitu di wilayah Kecamatan Sipatana, Kecamatan Kota Utara,  dan  sebagian wilayah Kota Timur.

Sebelumnya, pemerintah Kota Gorontalo menyatakan, alih fungsi lahan memang sulit dihindari karena lahan yang ada, adalah milik masyarakat.

Meski begitu, pemerintah kota tetap akan membatasi alih fungsi lahan dengan harapan lahan pertanian yang masih produktif, tetap dipertahankan untuk stabilitas pangan di daerah ini.* (01/03)

 

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa Desember 14, 2017 22:30
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment

Only registered users can comment.