Beranda Gorontalo Presiden Joko Widodo Minta Dimasak Kembali Menu Santan Goroho

Presiden Joko Widodo Minta Dimasak Kembali Menu Santan Goroho

57

MCB.Com (Kota Gorontalo) – Kebahagiaan mendalam dirasakan Narti Buo, juru masak yang mewakili Gorontalo yang berhasil mendapat juara tiga pada lomba masak ikan nusantara yang dilaksanakan di Istana Negara.

Warga Kelurahan Heledula’a Selatan, Kota Gorontalo ini mengaku bersyukur menu yang ia sajikan saat perayaan hari kemerdekaan di Istana Negara, sempat dicicipi langsung Presiden RI, Jokowidodo. Pada lomba tersebut,  Narti membuat menu ikan santan goroho. Bahannya terbuat dari pisang goroho dan ikan kerapu.

Dari hasil penilaian tim juri istana, terdapat tiga pemenang,  juara pertama diraih juru masak Pontianak, juara kedua juru masak dari Jakarta, dan peringkat terbaik ketiga direbut Narti Buo sebagai wakil Gorontalo. Narti pun mengaku termotivasi membuat menu santan goroho dengan harapan menu Gorontalo bisa lebih dikenal luas.

Narti Buo, Warga Kelurahan Heledula’a Selatan, Kota Gorontalo, raih juara ke-3 lomba masak nasional.

“Saya memilih pisang goroho karena teksturnya sangat lembut. Saya juga sedang mengkampanyekan untuk tidak selalu makan ikan menggunakan nasi. Kita bisa menggantinya dengan pisang atau singkong. Pak Presiden malah meminta untuk dimasakan lagi untuk dibawa ke istana,” jelas Narti Buo.

Sebelum mengikuti lomba di Istana Negara, Narti Buo sempat mengikuti lomba masak ikan nusantara yang digelar di Gorontalo dan dinilai langsung kepala staf khusus kepresidenan,  Krisma Aljabar.

Ajang ini diharapkan bisa mendorong keragaman kuliner di Indonesia sebagai produk wisata yang dapat menjadi salah satu daya tarik wisatawan nusantara maupun mancanegara untuk melakukan perjalanan wisata.* (01-Ferd)