Untuk Mencetak Auditor Hotel Berkwalitas, Papindo Bali Gelar Pelatihan

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa Juni 6, 2018 00:24

Untuk Mencetak Auditor Hotel Berkwalitas, Papindo Bali Gelar Pelatihan

MCB.Com (Bali) – Perkumpulan Auditor Usaha Pariwisata Indonesia menyellengarakan pelatihan auditor untuk bidang pariwisata di Bali bekerjasama dengan Kemenpar dan KAN, di Golden Tulip Essential, Denpasar dari 02-06 Juni 2018.

Pelatihan Auditor Hotel yang di selenggarakan oleh Papindo Bali merupakan langkah awal  didalam mengembangkan jaringan Papindo sebagai Assosiasi yang sudah memiliki legalitas Akta Pendirian dari Kemenpar dan AHU. Keberadaan Papindo diamanatkan oleh Undang-undang sebagai mitra LSUP dan wadah para auditor agar memiliki integritas dan Independen.

Pelatihan diikuti oleh 30 Peserta yang merupakan para profesinal dengan latar belakang Profesional Hospitality pada Level General Manager, Chef, FBM, Housekeeper, Dosen, Direktur LPK dan Ketua Yayasan.

Pelatihan dibuka oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan ESDM Provinsi Bali, Luh Made Wiratmi, didampingi oleh Pembina Tingkat 1 Diparda Provinsi Bali Mewakili Kadisparda Bali, Ni Nyoman Ayu Andriani, serta disaksikan Ketua Umum Papindo, Edy Syahputra, serta Ketua Papindo Bali Masa Bhakti 2018 – 2023 I Wayan Rediyasa.

Dalam sambutannya Bu Made Wiratmi, sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan auditor dalam mendukung Papindo dan mencetak Auditor Hotel serta usaha pariwisata yang berkwalitas dalam rangka mewujudkan Bali sebagai destinasi yang berkwalitas dan berkelanjutan sesuai standard International.

Ia juga menyinggung tingkat pengangguran Bali yang paling rendah di seluruh Indonesia, yaitu 0,086% yang merupakan prestasi Bali yang luar biasa pada tingkat nasional. Bali sudah melakukan sertifikasi terhadap kurang lebih 500 Ribu tenaga kerja dibidang Spa Therapist yang siap diberangkatkan keluar negeri melalui jalur formal.

Sementara itu, Luh Andriani yang membacakan sambutan Kadisparda Bali sangat mengapresiasi pelatihan Auditor Usaha Hotel dan Jasa Pariwisata Ini. Pasalnya, masih sangat sedikit auditor subsektor Lainnya dibidang pariwisata yang tersertifikasi.

Oleh karena itu melalui pelatihan ini mampu menjawab permasalahan tersebut. Kadisparda juga mendukung Assosiasi Papindo yang merupakan Assosiasi khusus para auditor yang akan menjadi partner pemerintah dalam melakukan audit terhadap semua usaha di sektor pariwisata.

Pelatihan selama 4 hari akan diisi materi yang berkaitan dengan dasar hukum dari pelaksanaan auditor sesuai amanat undang undang No. 10 Tahun 2009 tentang kepariwisataan serta Permen yang mengatur turunan teknis dari pelaksanaan sertifikasi kompetensi serta audit untuk semua 13 Bidang Usaha Jasa Pariwisata yang diberikan langsung Ka Subbid Standar dan Sertifikasi Usaha Pariwisata, Bidang Manajemen Industri, Asisten Deputi Industri dan Regulasi, Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementrian Pariwisata Republik Indonesia.

Materi juga diisi oleh KAN pusat untuk materi berkaitan dengan skema auditor untuk semua sektor dibidang pariwisata yang terdiri dari 62 Sub turunan usaha jasa pariwisata.

Pelatihan Auditor ini rencana akan ditutup Gubernur Bali, I Made Mangku Pastika pada tanggal 6 Juni 2018 di Golden Tulip Essential Denpasar Sekaligus Penyerahan Sertifikat Auditor dan Sertifikat ISO kepada semua peserta pelatihan. (01/Ramia)

mediacerdasbangsa
By mediacerdasbangsa Juni 6, 2018 00:24
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment

Only registered users can comment.