Beranda Advetorial Beginilah Cara Kadis Ketenagakerjaan, Koperasi, dan UMKM, Merealisasikan Program

Beginilah Cara Kadis Ketenagakerjaan, Koperasi, dan UMKM, Merealisasikan Program

3

MCB.Com (Kota Gorontalo) – Kegiatan pembangunan dan kemasyarakatan, berupa pembuatan jalan rabat beton sepanjang 250 meter dan penyerahan bantuan usaha produktif, salah satu program Pemerintah Kota Gorontalo sejak dilantiknya Marten Taha dan Budi Doku 2014 lalu. Melalui Dinas Ketenagakerjaan, Koperasi dan UMKM, program tersebut barulah terealisasi pada Rabu (19/10).

“Kegiatan ini merupakan kegiatan pemerintah kota yang sudah direncanakan sejak dilantiknya Walikota Gorontalo pada 2014 lalu. Melalui dokumen rencana pembangunan jangka menegah dan beberapa program lainnya seperti pemberdayaan masyarakat lewat program tenaga kerja,” terang Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Koperasi, dan UMKM, Ben Idrus.

Dijelaskan, terselenggarannya kegiatan ini salah satu wujud program Pemerintah Kota Gorontalo. Dengan keterbatasan anggaran dan terobosan disetiap dinas, salah satunya Dinas Ketenagakerjaan, Koperasi dan UMKM, telah melaksanakan beberapa kegiatan koordinasi dan konsultasi ke tingkat kementerian pada bulan April kemarin, atas perintah Walikota untuk menemui kementrian dan mengajukan proposal tersebut.

“Alhasil, dengan upaya yang kami tempuh selama ini, usulan tersebut terakomodir pada dua kelurahan yaitu, Kelurahan Wongkaditi Barat dan Tomulobutao,” kata Ben Idrus.

Akan tetapi kata Ben Idrus, kegiatan tersebut merupakan program pengganti dari anggaran dan tugas perbantuan, berupa dana troping. “Jadi semua dari kemeterian, kita di daerah hanya sebagai pelaksana saja,”paparnya.

Menurut Ben Idrus, terealisasinya kegiatan ini berdasarkan usulan dan hasil identifikasi yang menjadi kebutuhan masyarakat melalui Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), maka kegiatan tersebut berjalan mulus.

“Alhamdullah, saya tidak menyangka warga Kelurahan Wangkaditi Barat mengikhlaskan tanah mereka dengan gratis untuk pelebaran jalan. Ini sebagai bukti bahwa masyarakat sangat membutuhkan akses jalan,”katanya.

Mantan Kadis Pendidikan Kota Gorontalo ini mengatakan, tujuan dari program ini adalah memberikan kesempatan kerja bagi masyarakat penganggur. “Hari ini kita selain meresmikan rabat beton, juga menyerahkan bantuan pengembangan usaha produktif tepat guna kepada kurang lebih 80 orang se-Kota Gorontalo,”tutup Ben Idrus.(01-17)