Beranda Gorontalo Maswara Kaharu Membangun Desa Dengan Ikhlas

Maswara Kaharu Membangun Desa Dengan Ikhlas

13

MediaCerdasBangsa.Com (Bone Bolango) – Teriknya matahari seakan tak menghalangi membangun desa. Sejumlah warga tampak secara kelompok mengerjakan beberapa pembangunan yang dialokasikan untuk desanya. Proyek itu antara lain; pembangunan jembatan penghubung jalan tani, drainase, jembatan beton, spal, sanitasi lingkungan, dan masih banyak lagi proyek lainnya.

Sedangkan lingkup pemberdayaan terdiri dari; kelompok pemuda, kelompok tani, dan kelompok rukun duka. Hal ini bermaksud, dengan proyek pemberdayaan tersebut, masyarakat dapat meningkatkan pendapatan perkapita, sehingga perekonomian masyarakat terpenuhi. Disamping itu, dengan terbentuknya beberapa kelompok ini diharapkan tercipta sifat gotong royong untuk saling membantu.

Adalah Kepala Desa Timbuolo Timur, Maswara Kaharu yang selalu memantau seluruh kegiatan proyek, baik dari segi pembangunan maupun bidang pemberdayaan. Maswara tak mengenal waktu turun di tengah masyarakat guna memastikan seluruh aspek pembangunan yang telah direncanakan. Komunikasipun selalu ia ciptakan agar terjadi keterbukaan dengan masyarakat untuk menghindari saling curiga.

“Intinya kita bekerja dengan ikhlas sekaligus mengajak seluruh masyarakat untuk memantau seluruh program pembangunan yang telah drencanakan dari tingkat bawah. Pentingnya kita saling terbuka—tidak ada yang ditutup-tutupi,” papar Maswara rendah hati.

Menurut Maswara, alokasi anggaran untuk Desa Timbuolo Timur sebesar hampir 600 juta rupiah. Program ini berasal dari APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara) yang diperuntukkan ke desa-desa. “Alhamdulillah, tahun anggaran 2016 ini desa kami beroleh anggaran 590 juta lebih,” tandasnya sambil bersyukur.

Maswara berterima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Bone Bolango yang telah mendukung sepenuhnya pembangunan desa sehingga proyek ini berjalan dengan baik dan lancar. Koordinasi antara pemerintah daerah dan desa tidak terputus. Dukungan pemerintah daerah sangat luar biasa. (MCB.006)