Beranda Advetorial Wabup Bolmong Utara Terkejut Strategis Penurunan Stunting di Kabupaten Gorontalo

Wabup Bolmong Utara Terkejut Strategis Penurunan Stunting di Kabupaten Gorontalo

25

MCB.Com (Gorontalo) – Wakil Bupati Bolmong Utara, Amin Lasena mengaku terkejut mendengar pemaparan Bupati Nelson Pomalingo tentang strategi penanganan stunting di Kabupaten Gorontalo yang disampaikan pada Forum Rakernas penanganan stunting di Jakarta beberapa waktu lalu.

“Oleh sebab itu, kekembalinya dari Rakernas, kami bertekad belajar di Kabupaten Gorontalo,” Amin Lasena dijumpai seusai kegiatan studi tiru di Gedung Kasmat Lahay, Kamis (28/02/19).

Menurut Amin, sangat wajar Kabupaten Bolmong Utara melakukan studi Tiru penanangan penurunan stunting di Kabupaten Gorontalo. “Banyak hal, mulai dari regulasinya, penanganan di lapangan,s istemnya dan semua kami adopsi guna penanganan stunting di Bolmong utara,” sambungnya.

Amin mengaku sangat wajar untuk melakukan Tiru Program di Kabupaten Gorontalo. Selain strategis penanganan stunting, ia juga akan meniru di sektor lain, yakni sektor pendidikan.

Kedatangan Pemda Bolmong Utara dalam rangka Studi Tiru di Kabupaten Gorontalo, turut didampingi Kepala SKPD, Kepala Puskesmas, hingga para Sangadi (Kades).

Sementara itu, Bupati Nelson Pomalingo menyambut baik dan memberikan apresiasi  Studi Tiru oleh Pemkab Bolmong Utara dalam penanganan stunting Kabupaten Gorontalo.

“Kami bangga kedatangan Pemerintah Kabupaten Bolmong Utara—saudara kami untuk melakukan studi tiru di sini,” ujar Nelson.

Secara Historis kata Nelson, antara Kabupaten Gorontalo dan Bolmong Utara punya sejarah yang sama. Secara sosiologi budaya sama, letak geografis berdekatan dan ini merupakan potensi besar kedua daerah.

“Dengan kedekatan itu, lebih efesien melakukan kerjasama.  Apa yang dibuat teman-teman dari Bolmong Utara, kami siap kerjasama. Tidak hanya sektor kesehatan, tapi juga bidang lain, seperti; pendidikan, pertanian dan lain-lain,” tutur Nelson.

Nelson mengatakan, kolaborasi ini sangat penting di era otonom, termasuk di era globalisasi. Dengan demikian, orang yang bisa kerjasama, akan maju bersama dan saling menarik.

“Kami yakin dan percaya, ada kelebihan yang dimiliki Bolmong Utara untuk dipelajari oleh Pemerintah Kabupaten Gorontalo, sehingga kami saling belajar. Bukan belajar di sini, tapi kami juga akan belajar di sana,” tandas Nelson.* (01/Olu/Humas)